FSA Unugiri Lakukan Kunjungan dan Studi Banding ke UIN Malang

Guna Menunjang Luaran Tri Dharma Perguruan Tinggi,  FSA UNUGIRI lakukan kunjungan Studi Banding ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang/13/12/2021

STUDI BANDING FSA-Senin, 13 Desember 2021  Rombongan Fakultas Syariah dan Adab Unugiri melakukan perjalanan dinas ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kunjungan ini adalah Studi Banding serta kolaborasi keilmuan yang di lakukan antara kedua kampus dalam rangka meningkatkan luaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kunjungan ini diterima oleh pimpinan Fakultas Syariah UIN Maliki yaitu wakil Dekan I dan beberapa pimpinan fakultas lainnya. Fakultas Syariah UIN Maliki memiliki 4 Program Studi yaitu, Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tata Negara dan Ilmu AlQur’an dan Tafsir. Dalam Studi Banding ini, FSA bermaksud  untuk sharing session kepada Fakultas Syariah UIN Maliki perihal bagaimana pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek, program apa saja yang menunjang kampus guna merealisasikan luaran Perguruan Tinggi serta proses meningkatkan modul dalam perkuliahan dan juga penelitian maupun pengabdian.

Fakultas Syariah UIN Maliki mengungkapkan program mereka terkait kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi, mahasiswa langsung bisa mengakses sidang secara online di MK. Selain program tersebut, ada program yang cukup menarik yaitu Famili Corner. Program ini terbilang masih muda, karena baru berjalan sekitar 3 bulan, dan diinisiasi oleh Prodi HKI UIN Maliki. Program ini diadakan guna meningkatkan stabilitas keluarga sakinah, mawadah dan rahmah bagi kalangan civitas akademik yang berada di kalangan Fakultas Syariah pada khusunya. Untuk program ini sendiri telah diikuti oleh beberapa prodi yang lain, oleh karenanya program ini cukup bagus dan suatu kebutuhan bagi setiap keluarga, mengingat banyak dari kalangan dosen Syariah yang menjadi mediator di Pengadilan Agama, dirasa program ini sangat bagus untuk menunjang berbagai problem permasalahan keluarga. Selain membicarakan program, pihak FSA juga mendiskusikan terkait praktik magang mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah UIN Maliki, kemudian juga terkait bagaimana meningkatkan ketertarikan mahasiswa pada Prodi HKI khususnya.

Selain itu, wakil dekan I UIN Maliki juga mengatakan bahwa kampus harus mampu membalance keilmuan kepada mahasiswa karena kampus ini adalah kampus islam dengan mengkolaborasikan keilmuan tersebut yaitu umum dengan agama khususnya Fakultas Syariah ini tak lain bertujuan agar mahasiswa mendapatkan keilmuan yang kompleks dan seimbang. Jadi mahasiswa tidak sekedar faham kelimuan umum tetapi juga keislaman dengan berdasarkan sumbernya.

Setelah adanya proses diskusi panjang yang dilakukan oleh kedua kampus tersebut, pastinya ini adalah langkah luar biasa dengan tujuan meningkatkan luaran Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga pertemuan ini di akhiri dengan adanya MOU antara kedua kampus tersebut untuk berkolaborasi kedepannya.HKIyes

MOU uin malang dengan unugiri bojonegoro
foto bersama
foto bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *