Prodi HKI Unugiri Menjadi Tuan Rumah Workshop dan Rapat Kerja PERKASA (Perkukumpulan Ahwal Syakhshiyah)

Prodi HKI Unugiri Menjadi Tuan Rumah Workshop dan Rapat Kerja PERKASA (Perkukumpulan Ahwal Syakhshiyah)

Sebagai upaya penguatan MBKM dan pangsa pasar prodi HKI, pengurus PERKASA (Perkukumpulan Ahwal Syakhshiyah) mengadakan workshop dan rapat kerja dengan tema : “ Penguatan MBKM & upaya dalam pangsa pasar prodi Hukum Keluarga Islam” yang diselenggarakan di Auditorium Hasyim Asy’ari Rektorat Unugiri, Sabtu (29 Juli 2023).

Dalam rangkaiannya, kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan sebagai upaya penguatan MBKM dan peningkatan pangsa pasar prodi HKI agar supaya lebih jaya kedepannya, diharapkan juga, mampu meningkatkan kualitas prodi di kampus masing-masing karena ada banyak sekali perwakilan yang datang dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Timur di bawah Kopertais IV Wilayah Surabaya

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syari’aj dan Adab Agus Sholahudin Shidiq, M.H.I mengatakan, banyak terima kasih yang sebesar- besarnya kepada bapak dan ibu yang hadir karena telah mempercayakan kepada kampus Unugiri sebagai tuan rumah, kemudian ia juga meminta maaf yang sebesar-besarnya barang kali ada hal- hal yang kurang dari apa yang sudah dipersiapkan.

Beliau menambahkan “Bahwa kegiatan perkumpulan Prodi Ahwal Syakhshiyah ini semoga bisa menjadi maju sehingga bisa melahirkan program-program yang nanti akan bisa meningkatkan kualitas prodi” tandasnya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Muhammad Arif Zuhri LC.M.H.I selaku ketua PERKASA. Ia mengucapkan terima kasih atas sambutan dari panitia, Rektor dan segenap pimpinan di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Beliau juga mengucapkan maaf bila mana ada kekhilafan dalam bertamu di Unugiri Bojonegoro.

Sambutan berikutnya dismpaikan oleh Rektor Unugiri KH.Jauharul Ma’arif, M.Pd.I, beliau mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya mengenai fasilitas yang ada di Unugiri yang masih seadanya dan bisa dibilang masih semrawut. Kemuadian beliau juga mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada kopertais Wilayah IV Surabaya Dr. Sri Warjiyati, SH.MH dalam rangka untuk membersamai kawan-kawan dari prodi HKI yang berada di bawah naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya Jawa Timur.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara PERRKASA dan Universitas Nahdlatul Ulama sunan Giri Bojonegoro kemudian dilanjutkan dengan MOA antara PERKASA dengan Fakultas Syari’ah dan Adab.

Penyampaian materi oleh Dr. Sri Warjiyati, SH.MH dengan tema : “Penguatan MBKM & upaya dalam pangsa pasar prodi Hukum Keluarga Islam”. Beliau menerangkan mengenai bagaimana memperkuat merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dalam rangka meningkatkan daya saing prodi Hukum Keluarga Islam (HKI). Dijelaskan bahwa MBKM adalah suatu konsep pendidikan yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada mahasiswa dalam mengatur proses pembelajaran mereka. Dimana model ini mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalan menentukan mata kuliah dan motode belajar, kemudian mengakses sumber belajar secara mandiri, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi dan minat akademiknya secara optimal.

Beliau juga mnjelaskan prinsip-prinsip dari MBKM

  1. Kemandirian: mahasiswa didorong untuk mengambil peran aktif dalam mengatur proses belajar, termasuk pengambilan keputusan akademik yang cerdas.
  2. Fleksibilitas: Sistem pendidikan memberikan fleksibilitas dalam memilih kurikulum, sumber belajar, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan preferensi individu.
  3. Inovasi: Mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai metode pembelajaran inovatif dan mengembangkan kreativitas dalam proses belajar
  4. Akuntabilitas: Meskipun memiliki kebebasan, mahasiswa tetap bertanggung jawab atas kemajuan dan hasil pembelajaran mereka.
  5. Peningkatan kualitas: Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendorong pembelajaran yang lebih personal dan efektif.

Begitu pemaparan beliau, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab .Kegiatan workshop tersebut terlaksana dengan lancar, diucapkan banyak terima kasih kepada pemateri Dr. Sri Warjiyati, SH.MH atas penyampaian dan tambahan wawasan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para kaprodi yang akan melakukan Raker dan harapannya semoga PERKASA (Perkukumpulan Ahwal Syakhshiyah) menjadi lebih mantap dan jaya kedepannya.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *