TINGKATKAN KINERJA PARA DOSEN, FAKULTAS SYARI’AH DAN ADAB ADAKAN RAPAT RUTINAN

Fakultas Syari’ah dan Adab Unugiri adakan rapat rutinan di Auditorium Suprapto Supramu pada Rabu, (15 November 2023) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Syari’ah dan Adab dari program studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Hukum Keluarga Islam dan Bahasa dan Sastra Arab.

Dalam rangkaiannya kegiatan rapat rutin tersebut menyampaikan tentang evaluasi kinerja para dosen, penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan juga rencara Olimpiade Fakultas Syari’ah dan Adab.

Pada rapat kali ini sangat ditekankan kinerja para dosen agar lebih baik lagi dan lebih disiplin adapun hasil penelitian mengatakan bahwa adanya pengaruf positif dan signifikan antara disiplin mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan adanya sinergitas antara mahasiswa dengan dosen untuk mendukung terwujudnya tujuan pemebelajaran. Dalam hal ini, dosen sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab yang besar dalam pembelajaran tentunya harus paham dan mempu berperan sebaimana mestinya. Untuk mencapai itu semua, para dosen harus berkembang sesuai dengan fungsinya. Masalah pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dosen, serta tidak kalah pentingnya disiplin mengajar dosen perlu mendapat perhatian yang serius.

Di Lingkungan kelas, dosen adalah aktor utama dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang dicangankan. Tanpa keterlibatan aktif seorang dosen pembelajaran akan kosong dari materi, esensi dan subtansi. Artinya jika dosen berhasil menajalankan perannya diharapkan dapat memberikan dorongan atau motivasi yang lebih kepada mahasiswa agar lebih semangat belajar. Selain itu diperlukan juga kesadaran diri dari mahasiswa agar mampu memahami statusnya sebagai peserta didik yang tentunya akan sangat berbeda dengan pola didik seoarang siswa. Dengan menyadari peranan dan tanggung jawabnya masing-masing maka akan tercipta kolaborasi yang sempurna untuk mewujudkan pembelajaran tersebut.

Kemudian yang selanjutnya adalah terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB), yang mana diharapkan segera untuk dibuat flyer yang akan disebar di beberapa tempat yang strategis kemudian mengupayakan seluruh mahasiswa maupun dosen ikut menshare flyer PMB yang telah dibuat di sosial media, tujuannya adalah agar semakin banyak yang menshare flyer tersebut maka kemungkinan informasi kampus mengenai penerimaan mahasiswa baru akan dapat diperoleh dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Kemudian yang terakhir adalah membahas mengenai persiapan olimpiade FSA yang mana pesertanya melibatkan para mahasiswa dan siswa SMA, tujuannya adalah sekaligus untuk menjaring mahasiswa baru agar semakin berminat untuk kuliah di Unugiri terutama di Fakultas Syari’ah dan Adab.

Kegiatan rapat rutinan tersebut terlaksana dengan lancar yang kemudian diakhir dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *